unit 4

- 15 menit untuk menyelesaikannya

Ilmu Pengetahuan tentang Otak!

Coba pikirkan. Mengapa masyarakat dapat sangat mudah dimanipulasi? Pelajari bagaimana cara kerja akal kita ketika berinteraksi dengan informasi dan bagaimana media sosial memanfaatkannya.

TONTON :

Ilmu Pengetahuan Otak

share:
Share on facebook
Share on whatsapp
Share on twitter
Share on telegram
Share on email

Bias Umum

Apakah kamu percaya kalau meminum kopi bagus untuk kesehatan? Seandainya kamu jawab iya, lalu kamu akan lebih sering mencari informasi yang mendukung opini kamu ini. Kamu juga akan lebih kritis terhadap informasi yang berlawanan. Kamu bakalan mencari penelitian ilmiah yang menyatakan bahwa konsumsi kopi itu menyehatkan. Fenomena ini disebut penalaran termotivasi: kamu sudah memiliki keyakinan tertentu, dan lalu termotivasi untuk mencari lebih banyak informasi yang mengonfirmasi keyakinan kamu.

APA ITU ?

Sekali kamu menemukan penelitian yang mendukung opini kamu, kamu bakalan percaya tanpa mempertanyakan validitasnya.

Ini yang dinamakan bias konfirmasi. Kamu cenderung menerima informasi yang mendukung keyakinan yang sudah ada, terkadang tanpa usaha untuk memverifikasi informasi tersebut.

Baik penalaran termotivasi maupun bias konfirmasi adalah bias-bias kognitif yang dapat menimbulkan terlalu percaya diri dalam salah satu cara pandang, dan membuat orang menginternalisasi kesalahpahaman sehingga pada akhirnya menghasilkan keputusan yang kurang informasi. Contohnya, meskipun banyak penelitian ilmiah yang membuktikan bahwa vaksin aman, banyak juga informasi salah yang mengatakan bahwa vaksinasi tidak baik untuk kesehatan. Seseorang dapat melihat informasi ini dan mencari informasi pendukungnya – distorsi kognitif dapat memperkuat keyakinan yang salah ini. Mereka yang percaya bahwa vaksinasi berbahaya dan tidak ingin divaksin dapat membahayakan kesehatannya dan keluarganya.

LANJUT ...

Bagaimana kita mengatasi bias kognitif ?

Sadar akan adanya bias kognitif adalah langkah awal yang penting. Selanjutnya adalah berusaha untuk memahami keyakinan sebaliknya. Jika kita berpikir bahwa kopi menyehatkan, bagaimana kalau mencoba cari penelitian yang berlawanan dengan sudut pandang ini? Bagaimana penelitian itu menjelaskan keyakinan bahwa kopi tidak baik untuk kesehatan? Mungkin argumentasi mereka juga masuk akal dan bisa dipertimbangkan. Lihat fakta dari diskusi-diskusi di kedua sisi akan membuat kita terhindar dari penalaran termotivasi dan membuat keputusan-keputusan yang lebih kaya akan informasi.

7 JENIS MIS DAN DISINFORMASI