unit 3

- 15 menit untuk menyelesaikannya

Cara kerja Media Sosial

Dapatkah media sosial menjadi sumber berita yang dapat dipercaya? Pelajari bagaimana cara kerja algoritma media sosial dan bagaimana mereka bisa menciptakan gelembung informasi yang mengisolir kita dari opini-opini yang berseberangan.

TONTON :

Media sosial sebagai sumber berita

share:
Share on facebook
Share on whatsapp
Share on twitter
Share on telegram
Share on email

Filter bubble

Siapa yang memutuskan apa yang kamu lihat pada news feed di akun media sosial seperti Facebook? Seberapa sering kamu menemukan cara pandang yang berbeda? Facebook, sang pemilik Instagram; dan Google, sang pemilik YouTube cukup jagoan dalam menunjukkan apa yang kamu mau dan menyembunyikan hal-hal yang kamu nggak suka atau nggak setuju.

APA ITU ?

Semua yang kontradiksi dengan keyakinan kamu sudah tersaring. Hey, kamu ada di filter bubble!

Situs dapat melacak apa yang kamu cari, apa yang kamu klik, apa yang kamu “like” atau “dislike”, apa yang kamu komentari, dan bahkan lokasi dimana kamu berada. Algoritma ini melacak semua informasi personal dan terkadang “memutuskan” apa-apa yang kamu sukai berdasarkan pola yang sudah mereka pelajari. Artinya, seluruh hasil pencarian seperti tautan, iklan dan postingan di Facebook dapat dibuat sesuai dengan riwayat perilaku online kita. Contohnya, jika kamu pernah mencari odading di Google, news feed kamu akan penuh dengan postingan, artikel dan video resep odading ini.

Tanpa filter, kamu bakal nyasar dalam rimba belantara internet. Kamu juga bisa ketinggalan informasi penting gara-gara algoritma online ini tidak mengklasifikasikan suatu informasi sebagai informasi yang sesuai untuk kamu.

LANJUT ...

Gara-gara filter bubble, kamu bisa berpikir bahwa seluruh dunia punya pemikiran yang sama dengan kamu.

Apa yang bisa kamu LAKUKAN untuk keluar dari filter bubble kamu sendiri?

  • Sadari bahwa informasi-informasi yang muncul di hadapan kita ditentukan oleh preferensi kita sendiri.
  • Tanyakan pada dirimu sendiri. Mengapa seseorang bisa memiliki cara pandang yang lain? Berusahalah untuk mencari alternatif informasi dari sumber sumber lain yang baru dan beragam.
  • Pertanyakan sumber berita. Biasanya kita lupa memeriksa sumber asli ketika kita membaca informasi yang kita sepakati, terlebih ketika berita itu dipost oleh teman-teman kita sendiri di Facebook atau ditulis oleh orang-orang yang kita hormati.

⚠️ Mau cek fakta? Coba TurnBackHoax.id dari Mafindo!

TONTON :

Algoritma yang dipersonalisasi dan filter bubbles

share:
Share on facebook
Share on whatsapp
Share on twitter
Share on telegram
Share on email